13 June 2015

Tutorial - Bermain Game Steam Dengan Cara Stream


Penasaran dengan judulnya? Bermain game dengan cara stream? Tenang. Di sini saya akan memberitahu bagaimana cara bermain game-game berat di Steam di PC atau Laptop dengan spesifikasi rendah sekali pun. Bagaimana bisa bermain game berat dengan spesifikasi rendah? Di sini lah saya akan memberitahu step-by-step caranya kepada kalian. Dan di sini saya akan menggunakan Dota 2 untuk tutorial kali ini.
Sebelum memulai, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelumnya. Apa aja? Ini dia:
  1. Laptop / PC yang ingin dipakai bermain (sebut saja supirnya);
  2. Laptop / PC dengan spesifikasi tinggi sebagai sumber stream (sebut saja mobilnya);
  3. Internet (sebut saja bensinnya :v ) --- Untuk internet, usahakan yang memiliki koneksi tinggi (upload untuk mobilnya, dan download untuk supirnya). Hal ini yang menentukan nyaman atau tidaknya nanti proses stream.
Setelah sekiranya cukup dengan ketiga syarat diatas, ayo kita mulai cara streamnya. Namun sebagai informasi, saya akan memberitahu PC dan Laptop yang saya gunakan sebagai supir dan mobil

Sebagai sumber stream saya menggunakan PC dengan spesifikasi:
  • Processor AMD FX-8320
  • Motherboard AsRock 970 Pro3 2.0
  • HSF Enermax ETS-T40-T
  • RAM Corsair Black Vengeance 8Gb Kit (2x4Gb) PC 12800
  • VGA MSI GTX 760 Twin Frozr OC Gaming
  •  PSU Thermaltake Smart SE 530W
  • Storage WD Red 2Tb, WD Green 640Gb, WD Green 500Gb

Dan untuk yang dipakai stream atau supirnya, saya menggunakan Laptop ASUS X200CA dengan spesifikasi:
  • Processor Intel Celeron 1007U
  • RAM 4Gb PC-10600
  • VGA Intel HD-3000 series
  • 11,7 inchi 1366x768 pixel resolution
  • Storage 500Gb 

 Dan untuk koneksi internetnya saya menggunakan jasa Indih*me dengan koneksi 14.40 Mbit/s atau sekitar 1.4mBps untuk downloadnya, dan 7Mbit/s atau sekitar 900kBps

Perlu diingat bahwa Laptop yang saya gunakan untuk bermain itu memiliki spesifikasi yang sangat rendah, untuk memainkan Dota 2 saya menggunakan resolusi 720p dengan setting graphic minimum dan itu masih sedikit tidak nyaman untuk dimainkan. Oke, mari kita simak step-by-step untuk streaming:

Langkah pertama, login ke akun Steam kalian di Laptop / PC yang berperan sebagai sumber stream atau mobilnya.

Langkah kedua, login lagi ke akun Steam kalian yang sama di Laptop / PC yang ingin dipakai bermain atau supirnya. Kalian akan menemukan notifikasi di bagian pojok bawah kanan monitor yang menyebutkan "In-Home Streaming" atau seperti ini:


Hingga langkah ini, berarti kedua Laptop / PC sudah sama-sama tersambung.

Langkah keempat, bermain! Kalian akan menyadari ada tombol lain pada tombol Play, yaitu Stream. Kira-kira seperti inilah:


Dan jika kalian meng-klik tombol yang ada disebelahnya, akan keluar seperti ini:


Selamat, di langkah ini kalian bisa bermain game berat di laptop yang memiliki spesifikasi rendah dengan cara streaming. Namun jika mengalami kendala koneksi internet, bisa juga mengubah settingan In-Home Streaming pada opsi Settings di Steam sendiri, gambarnya seperti ini:


Dan jika langkah step-by-step diatas masih belum paham, lihat video berikut:


Nb: maafkan ketika saya bilang PC (Pece, bukan Pisi) karena kebiasaan bilang begitu :v

Cari

Labels

Article (1) Cover (1) Final Fantasy IX (5) GameStory (1) How To (2) Jimmy (3) Kita dan Dia (1) Legacy (22) Lyric (28) Movie Review (2) Music (1) Novel (25) Poetry (2) Story Fiction (30) Tips (8) Tutorial (2)